EMY NURKATININGSIH,S.Pd

Selasa, 21 Mei 2019


BAKTI PADA ORANG TUA DAN GURU


Seseorang yang patut kita banggakan dan kita sayangi di dunia ini adalah orang tua. Mereka seharusnya ynag menjadi orang pertama di dunia ini yang kita hormati. Mereka senantiasa memberikan kasih sayang yang berlimpah kepada kita.
Mereka mendidik dan membesarkan kita dengan susah payah dengan tetesan keringat yang penuh dengnaa perjuangan. Kita seringkali mengabaikan semua hal ini, dan bahkan membuat mereka sedih dan marah. Mereka adalah sosok pahlawan yang nyata dalam kehidupan kita. Kita dilahirkan, dibesarkan,  dan dididik dengan perjuangan yang begitu besar. Mereka rela mngorbankan kehidupannya demi kepentingan anak-anaknya.
            Keutamaan taat kepada orang tua antara lain adalah salah satu kunci untuk masuk surga, dan juga merupakan amal ibadah yang diridhoi oleh Allah SWT. Taat kepada orang tua dapat melebut dosa-dosa besar yang pernah kita lakukan. Taat kepada orang tua juga dapat dipanjakan umur dan dapat mempermudah rizki kita.
            Selain  hormat dan taat kepada orang tua, kita juga wajib hormat dan taat kepada guru. Guru adalah orang yang berjasa dalam memberikan ilmu pengetahuan dan mendidik kita menjadi orang yang mengerti dan dewasa. Apabila kita taat dan patuh pada guru banyak hal penting yang kita dapatkan. Misalnya apabila kita selalu taat dan patuh pada guru ilmu yang diajarka kepada kita adan dapat dengan cepat kita mengerti, ilmu yang diberikan menjadi berkah. Karena selama kita di sekolah guru adalah pengganti orang tua kita apabila kita taat dan patuh kepada guru pastilah senantiasa akan didoakan oleh guru.
            Wujud bakti kita kepada guru sebenarnya tidak perlu muluk-muluk cukup dengan memperhatikan dan perhatian. Guru tidak ingin menerima imbalan dari ilmu dan didikan yang diberikan, cukup dengan taat dan patuh itu saja sudah cukup.




1 komentar: