EMY NURKATININGSIH,S.Pd

Senin, 20 Mei 2019


GEMUK MESKI BERPUASA
Gambar terkait 

Setelah sepanjang hari berpuasa, waktu buka puasa bisanya dijadikan ajang 'balas dendam' untuk membuat perut terisi penuh kembali. Kebiasaan ini ternyata tidak baik terutama ketika kita langsung makan dalam porsi yang besar. Seringkali kita dihidangkan dengan banyak makanan yang membuat seseorang lapar mata. Ini membuat orang rentan makan berlebihan.

Mengendalikan diri ini bisa dilakukan dengan cara makan secara bertahap dan dimulai dari porsi kecil. Buka bisa diawali dengan konsumsi buah-buahan terlebih dahulu. Selain itu jangan makan secara terburu-buru. Pastikan makanan telah dikunyah dulu hingga 30 kali sebelum ditelan. Karena kalau lapar kita jadi terburu-buru untuk menelan. Kasihan pencernaan kita. Seharusnya bulan puasa juga menjadi saat tepat untuk menurunkan berat badan. Namun, ketika pola makan saat sahur dan berbuka berlebihan yang terjadi malah sebaliknya. Bukan malah lemak yang turun tapi berat badan bertambah

Saat berbuka puasa, orang cenderung lebih suka makan karbohidrat sederhana (nasi putih, mie instan) dan maunya cari yang manis-manis. Karena terbiasa gula darahnya rendah (saat tidak makan dan minum), banyak makanan manis jadi tergoda. Saat mengonsumsi makanan manis, gula darah cepat naik, tapi cepat juga turunnya sehingga lebih cepat lapar. Membuat ingin makan lagi dan lagi
           
Belum lagi saat Hari Raya Idul Fitri tiba, bisa dipastikan akan banyak makanan manis dan berlemak yang tersaji. Ditambah dengan ketupat yang biasanya terbuat dari beras putih yang merupakan karbohidrat sederhana. Itu juga yang memicu orang untuk terus makan.

Maka perlu diingat, proses penurunan berat badan saat berpuasa sulit terjadi jika saat berbuka, Anda lebih banyak mengonsumsi makanan tinggi gula dan kalori dibandingkan sayur dan buah. Sebaiknya kalau tidak ingin berat badan melambung tinggi, makanan berlemak dikurangi. Saat berpuasa badan kita jadi menimbun lemak karena metabolismenya menurun.  Agar berat badan tidak naik selama dan setelah berpuasa, hindari makanan berlemak tinggi dan perbanyak makan sayuran.
Saat sahur, makanlah sayuran seperti lalapan atau rebusan, sayur bening, daging yang dikukus atau bisa ditambah telur rebus. Ganti nasi putih dengan nasi merah atau roti gandum. Jadi selain untuk menunaikan kewajiban sebagai umat Muslim, maksimalkan manfaat ibadah Anda dengan mengonsumsi makanan sehat yang rendah lemak, gula dan kalori.

6 Manfaat Berkebun bagi Kesehatan Fisik dan Mental Kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar