EMY NURKATININGSIH,S.Pd

Sabtu, 18 Mei 2019

Ramadan berburu ilmu


RAMADAN BERBURU ILMU

Dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru kami anggota PGRI mengikuti pelatihan IT gelombang ke - 6 yang diselenggarakan oleh TP2G PGRI Kabupaten Lumajang. Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu
pada hari Sabtu tanggal 18 Mei 2019 dan Sabtu berikutnya tanggal 25 Mei 2019. Meskipun acara dilaksanakan pada bulan Ramadan kami peserta pelatihan IT tetap semangat untuk mengikutinya. Dalam pelatihan ini peserta dibatasi hanya 40 orang saja, walaupun pendaftar membludak tetapi panitia hanya menyediakan hanya 40 orang saja agar pelatihan lebih efektif.
Hari pertama pelatihan cukup menyenangkan meskipun dingin melanda dan kondisi berpuasa kami tetap antusias mengikutinya. Acara dibuka oleh Ketua PGRI Kabupaten Lumajang yaitu Bapak H. Winadi, M.Pd, beliau mengendaki agar pelatihan ini bisa meningkatkan prosesi guru untuk bisa mengajar lebih inovatif lagi agar peserta didik lebih giat dalam mengikuti pelajaran. Selanjutnya Ibu Mamik Setiawati sebagai ketua TP2G melaporkan bahwa pelatihan IT ini sudah dilaksanakan 6 gelombang dan semua peserta antusias dalam pelatihan yang dilaksanakan
Pelatihan pertama dimulai dengan motivasi pembelajaran Berbasis Web yang disampaikan oleh Bapak Umar Thalib yang memiliki nama panggilan khas Kang Martho yang merupakan akronim dari nama lengkap yang dimiliki. Kang Martho menjelaskan panjang lebar bagaimana dan apa yang diperoleh dari kita memiliki web. Memang banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari memiliki web dan apabila web itu sudah banyak yang membuka maka selanjutnya dengan sendirinya bisa dilirik oleh perusahaan-perusahaan besar. oleh karena tulisan-tulisan kita semakin diminati maka   honor yang didapatkan pun akan pasti membuat pundi-pundi rekening akan semakin membengkak. Dari motivasi yang disampaikan Kang Martho bagi kami memang cukup menggiurkan, dan itu membuat kita semakin antusias dalam membuat blog.
Pelatihan hari ini tidak berhenti disini, selanjutnya materi yang lebih menarik lagi disampaikan oleh Bapak M. Subakri yaitu Pembelajaran Membuat Blog. Meskipun dengan langkah tertatih-tatih dalam mengoperasikan komputer bagi kami membuat blog adalah ilmu di Ramadan ini yang perlu kami buru layaknya berburu takjil sore hari. Sedikit demi sedikit ilmu yang diberikan oleh pemateri kepada peserta dengan telaten walaupun kondisi siang ini sudah lemes tetapi tetap antusias untuk bisa membuat blog.
Pelatihan masih berlanjut setelah sholat dhuhur. Pelatihan diisi dengan membuat web dengan konten berbayar yang disampaikan oleh Bapak Enjang bayu. Meskipun yang gratis masih tertati-tatih tetapi pemateri dan peserta tetap semangat berlatih bagaimana cara web yang kita miliki menjadi web yang berbayar.
Akhirnya waktu yang ditunggu telah datang sebelum pelatihan berakhir Tim TP2G melaksanakan pretest dulu yang seharusnya dilaksanakan di awal sebelum pemateri memberikan materinya. Setelah semuanya selesai kamipun akhirnya meninggalkan ruang Multi Media SMK PGRI Lumajang dengan rasa lelah yang terbayarkan oleh ilmu-ilmu yang kami dapatkan dari pemateri handal yang ada di TP2G PGRI Lumajang. Terimakasih atas ilmu yang telah diberikan kepada kami pederta pelatihan semoga Allah membalas semua amal-amal yang telah diberikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar