EMY NURKATININGSIH,S.Pd

Senin, 20 Mei 2019

Buah sehat

BUAH BIT





Buah bit, hanya sedikit orang yang mendengar namanya, apalagi buahnya. Saya mengenalnya pun masih baru. Memang buah ini masih sedikit orang mengenal tetapi manfaat yang ada pada buah ini banyak sekali.
            Buah bit atau buah bit merah merupakan tanaman sejenis umbi yang berwarna ungu kemerahan. Bentuknya menyerupai kentang dan manfaat buah bit juga terdapat pada akar dan tangkainya. Biasanya buah bit dikonsumsi dengan cara dijus atau diolah lagi menjadi santapan dengan tekstur lembut.
Meskipun daunnya bisa dimasak untuk dijadikan sayur, buah bit lebih dikenal umbinya yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah bit mengandung tinggi karbohidrat namun kandungan lemak, kalori dan proteinnya sangat rendah.
Jadi sangat bagus dikonsumsi bagi yang sedang menjalani program diet. Kandungan betasianin (pigmen ungu) dan betasantin (pigmen kuning) yang terdapat pada buah bit inilah yang membuat warnanya menjadi merah gelap keunguan. Karena warnanya yang pekat ini, buah bit juga sering dipakai sebagai pewarna makanan alami.
            Di dalam buah bit dapat ditemukan sejumlah nutrisi antara lain Asam folat, Kaliumen, Serat, Vitamin C, Magnesium, Zat besi, Fosfor, Triptofan, Caumarin, Betasianin
Berdasarkan sejumlah nutrisi yang ada buah bit memiliki manfaat untuk kesehatan antara lain:
1.        Mengandung banyak anti oksidan
2.        Detoks alami untuk tubuh (ginjal dan hati)
3.        Mencegah hipertensi
4.        Meningkatkan stamina (makanan idaman para atlet)
5.        Mencegah anemia
6.        Mengurangi masalah pencernaan
7.        Menurunkan berat badan
8.        Mengatasi masalah ketombe
9.        Pewarna makanan alami
10.    Pewarna rambut alami
Cara mengolah buah bit bisa diolah sebagai masakan, jus, atau dimakan mentah.
Apabila buah bit dimakan mentah, tekstur yang dimiliki buah bit agak keras namun rasanya manis ada rasa asinnya. Apabila dibuat jus untuk rasa menjadi lebih segar bisa di mix atau dicampur dengan berbagai sayuran dan buah. Sayurannya bisa wortel, labuh siam sedangkan buah yang bisa ditambahkan adalah buah apel sehingga rasa yang dihasilkan lebih manis dan segar. Apabila dijadikan masakan seperti tumis, panggang jangan memasaknya terlalu lama karena akan menjadikan kandungan gizinya hilang.
            Konsumsi buah bit ini baik dikonsumsi untuk orang yang HB nya rendah, jadi tidak hanya atlet saja yang membutuhkan stamina atau kekuatan. Buah bit ini baik digunakan untuk orang yang sedang sakit khususnya yang melakukan kemoterapi. Biasanya apabila HB orang yang kemoterapi ini turun maka dilakukan transfusi darah dulu sebelum kemoterapi tetapi dengan konsumsi buah bit ini maka HB nya bisa stabil dan tanpa melakukan transfusi darah bisa kemoterapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar